Sabtu, 01 Mei 2010

Emansipasi dan Kodrat Wanita (2)

lalu bagaimana pandangan islam terhadap wanita ?

Dari Mu'awiyah bin Jahimah As-Salami, sesungguhnya Jahimah datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu berkata: "Wahai Rasulullah, aku ingin pergi perang dan aku sekarang datang minta nasihat kepada Tuan." Beliau bertanya: "Apakah kamu masih mempunyai ibu?" Ia menjawab: "Masih." Beliau bersabda: "Uruslah dia, karena "Aljannatu Tahta Aqdamil Ummahat (Surga Itu Dibawah Telapak Kaki Ibu)"
(HR. Nasa'i, Ahmad, dan Ibnu Majah)

surga di bawah telapak kaki ibu ....

Dari Abu Hurairah, dia berkata, telah datang kepada Rasulullah saw, seorang laki-laki lalu bertanya: "Wahai Rasulullah, siapakah yang lebih berhak untuk saya pergauli (perlakukan) dengan baik?" Beliau menjawab, "Ibumu" dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab, "Ibumu" dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab, "Ibumu" dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Beliau menjawab, "Ayahmu." (HR. Muslim)

lebih diutamakan ibu daripada ayah ....

Hadis riwayat Anas ra., ia berkata: Ketika Rasulullah saw. dalam suatu perjalanannya ada seorang pelayan berkulit hitam bernama Anjasyah sedang memacu kudanya dengan bersyair (kuda yang membawa istri-istri Nabi saw.) Rasulullah saw. bersabda kepadanya: "Wahai Anjasyah, pelan-pelan saja memacu kuda dan berlaku lembutlah kepada kaum wanita." (HR Muslim)

"Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita yang solehah." (HR. Muslim)

"Rasulullah saw bersabda: "Orang mu'min yang paling baik imannya yaitu yang paling baik akhlaqnya; dan orang yang paling baik di antara kamu yaitu orang yang sangat baik kepada istrinya." (HR. Bukhari)

Abdurrahman Bin Auf r.a. meriwayatkan bahawa Nabi s.a.w. bersabda: “Seorang wanita yang solehah lebih baik daripada seribu orang laki-laki yang tidak soleh dan seorang wanita yang melayani suaminya selama seminggu, maka ditutuplah baginya tujuh pintu neraka dan dibukakan baginya delapan pintu syurga, yang dia dapat masuk dari pintu mana saja tanpa hisab / hitung.”

bahkan dalam sirah nabawi, istri pertama Rasulullah SAW "Khadijah" adalah seorang saudagar. istri Rasullullah SAW yg lain, aisyah tercatat sebagai penyumbang hadis terbanyak, dan tidak jarang menjadi acuan utk hukum2 islam pada zamannya.

At Taubah 71.
Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain.

laki-laki dan perempuan, memang beda secara kodrati. namun perbedaan itu, digunakan utk saling melengkapi dan saling mengisi. sehingga kekurangan yg ada pada diri masing2 bisa saling tertutupi oleh kelebihan yg lain. dalam tafsir ibnu katsir dikatakan, wanita tercipta dari tulang rusuk pria.... itulah, pria jadi kehilangan tulang rusuknya, untuk melengkapinya ada wanitanya yg memiliki kelebihan itu. jadi lengkaplah wanita maupun pria itu.

dalam riwayat Ibn `Abbas have stated, Allah mengambil rusuk kiri Adam dan membuat rusuk itu tumbuh daging disekelilingnya ketika adam tertidur dan tidak tahu. Allah ciptakan hawa sebagai istri adam, dari rusuk dan menjadikannya wanita, agar dapat menentramkan Adam. ketika Adam bangun hawa di sebelahnya, Adam berkata, "darah dagingku, istriku". Allah menikahkan Adam dengan Hawa dan memberi ketentraman baginya, Allah berfirman,

Al Baqarah 35. Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.

mau bukti lain lagi? Allah SWT menciptakan pria dan wanita, dg kodratnya wanita hamil dan beranak. bukti bahwa wanita dan pria saling melengkapi adalah. keberadaan kita ini! coba kalau Allah SWT ciptakan manusia sendiri2, saya yakin kita semua sama2 gak bisa fesbukan, internetan baca note/email ini sekarang hehehehe :D

Ar Ruum 21. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Allah ciptakan wanita dan pria, untuk saling melengkapi, agar keduanya bisa saling menyayangi dan hidup tentram sampai ajal menjemput. bahkan insya Allah dunia-akhirat, bisa sama2 juga.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Bahwa seorang Arab badui bertanya kepada Rasulullah saw.: Kapankah kiamat itu tiba? Rasulullah saw. bersabda: Apa yang telah kamu persiapkan untuk menghadapinya? Lelaki itu menjawab: Cinta Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah saw. bersabda: Kamu akan bersama orang yang kamu cintai (HR Muslim)

Rasulullah SAW besabda, “Wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari seperti kelebihan apa yang nampak dari apa yang tidak terlihat.” Aku bertanya, “Mengapa wanita-wanita dunia lebih utama dari bidadari?” Beliau menjawab, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. (HR Thabrani).

jadi, cobalah hargai wanita anda. perhatikan dia saat tertidur, ekspresi dia tidur bisa saja menyiratkan beban yg dia pikul hari itu. apalagi kalau sampai ngigau hehehe :D sayangi dia, hargai dia, hormati dia. sebagai partner hidup anda, yg akan memberi pengaruh bagi anda untuk mendorong kemajuan dan kesuksesan anda dalam hidup.

terima kasih ibu kartini ....
selamat berkarya wanita2 indonesia, semoga sukses dan menjadikan anak-anak negri ini menjadi anak2 yg bisa membanggakan.

Mohon maaf kalau ada salah2 kata, kebenaran milik Allah semata.
mohon maaf atas kekurangan ilmu saya, semoga bisa bermanfaat.
terima kasih

wassalamu'alaikum

1 komentar:

  1. makanya, jangan pernah menyepelekan perempuan....perempuan itu very very strong dan 3 x tingkatan kemuliaannya dibanding kaum adam.

    BalasHapus

recent visitor

table> widgets